SOSIALISASI GEMAR MENABUNG DI SDN 2 ARENAN

Selasa 30 Juli 2019, mahasiswa KKN IAIN Purwokerto kelompok 8 angkatan ke-44, mengadakan sosialisasi “Gemar Menabung“ di SDN 2 Arenan. Sosialisasi ini dilaksanakan pada pukul 08.00-09.00 dengan tujuan untuk mengajarkan siswa gemar menabung sejak dini. Sosialisasi ini juga merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN IAIN Purwokerto dalam bidang ekonomi. Program sosialisasi ini diperuntukan untuk siswa-siswi kelas 1, 2 dan 3. Materi yang dipaparkan dalam sosialisasi gemar menabung berupa manfaat menabung, cara menabung yang baik dan benar, serta tujuan menabung. Mahasiswa KKN juga mengajarkan  siswa menyanyikan lagu gemar menabung.

Para siswa-siswi SDN 2 Arenan sangat antusias dalam menerima materi yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN. Mereka mengikuti jalannya acara sosialisasi gemar menabung dengan baik dan tertib. Mereka menanyakan hal-hal yang belum mereka ketahui kepada mahasiswa KKN IAIN Purwokerto. Dalam penyampaian materi sosialisasi banyak hal-hal yang menjadi kendala selama pelaksanaan, seperti keterbatasan media ( LCD ) dan sulitnya mengkondisikan siswa kelas 2 dan 3. Namun karena semangat mahasiswa KKN IAIN Purwokerto selama proses penyampaian materi sosialisasi, dapat meminimalisir kendala yang terjadi.

Dalam proses pelaksanaan sosialisasi gemar menabung tidak hanya materi yang disampaikan  tetapi ada juga reward/hadiah yang diberikan kepada siswa guna meningkatkan ketertarikan siswa untuk gemar menabung. Reward yang diberikan berupa beberapa buah celengan yang menarik, dengan stiker yang bertuliskan “ Ayo Menabung “.  Hadiah tersebut diberikan di akhir sesi acara sosialisasi kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari Mahasiswa KKN.