Keuangan Desa

Pengelolaan Keuangan Desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan Desa. Rencana Kerja Pemerintah Desa, selanjutnya disebut RKP Desa, adalah penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun

Mulai tahun 2015 keuangan desa lebih akuntable dan lebih komplek, dengan adanya perencanaan yang lebih matang yaitu adanya anggaran pendapatan dan belanda desa (APBDes) dengan ini desa di tuntut merencanakan pembangunan ang lebih terencana sesuai dengan RPJMDes dan juga RKPDes, mulai tahun 2015 juga keuangan ang masuk ke desa lebih banak posna, seperti dari Alokasi dana Desa (ADD), dana Desa (DD), bagi hasil pajak dan retribusi (BHPR) bantuan gubernur dan juga harus di tuntut adanya pendapatan asli desa (PADes)

setelah berjalan beberapa tahun, pada tahun 2019 keuangan desa dan perencanaan desa sudah menggunakan sistem aplikasi atau sudah sistem digitalisasi dengan menggunakan aplikasi siskeudes, sistem ini mengurangi kesalahan entri data dan memudahkan dalam pekerjaan selanjutnya, namun karena baru dan pengerjaan yang lebih komplek, pemerintah desa butuh waktu lebih lama untuk adaptasi

pemerintah desa juga keuangan desa di tuntut lebih transparasi dengan di canangkan program website desa untuk media transparansi juga untuk mengenalkan desa ke dunia luar, untuk pemerintah Desa Arenan telah memiliki website resmi desa yaitu dengan portal situs arenan.desa.id