Festival Anak Sholeh (FAS) 2019 Desa Arenan

Saat ini kesadaran anak-anak dan remaja terhadap pentingnya ilmu agama mulai menurun. Untuk menghadapi tantangan zaman seorang muslim harus memiliki aqidah dan akhlak yang kuat serta pemahaman agama Islam yang baik. Sebuah keberhasilan dalam menciptakan generasi muslim yang baik akan berkaitan erat dengan bagaimana pola pembelajaran pada hari ini. Apabila generasi penerus mendapat pembelajaran dan pembinaan agama Islam yang baik maka di masa depan akan terbentuk generasi mulsim yang berakhlakul karimah dan mandiri untuk menghadapi seluruh pandangan globalisasi. Sebaliknya, apabila generasi penerus tidak mendapat pembinaan secara baik maka di masa depan mereka tidak akan pernah memiliki akidah yang kuat.

Jum’at, 16 Agustus 2019 KKN PAR IAIN Purwokerto Angkatan 44 Kelompok 8 desa Arenan menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Sholeh (FAS) dengan tema “Mengembangkan Kebersamaan Warga Antar Generasi Yang Agamis Kreatif Dan Sportif” di Masjid Baitussalam Grumbul Sambeng. Acara ini dibuka oleh ketua panitia kegiatan pada pukul 13.30 WIB yang diikuti oleh seluruh peserta dan seluruh panitia secara khidmat dan antusias.

Adapun hal-hal yang diperlombakan dalam Festival Anak Sholeh ini ada beberapa macam perlombaan antara lain :

  1. Tartil Qur’an
  2. Adzan Subuh dan doa setelah Adzan dan Iqomah
  3. Kaligrafi
  4. Lomba Cerdas Cermat (LCC)

Dalam pelaksanaan lomba Festival Anak Sholeh (FAS) ini panitia dibantu oleh segenap pengurus Fatayat desa Arenan untuk mensukseskan dan melancarkan seluruh acara tersebut. Peserta Festival Anak Sholeh (FAS) terdiri dari beberapa delegasi yang dikirimkan oleh pengasuh Madin yang ada di desa Arenan. Peserta yang terkumpul sebanyak 42 anak yang berasal dari beberapa madin di Arenan, yaitu madin Nurul Amin (Sambeng), Baitul Athfal (Dukuh Lor), Al-Huda (Benda) dan Al-Ikhlas (Sambeng).

Penjurian sebagian dilakukan oleh panitia dari mahasiswa/I KKN dan juga ibu-ibu Fatayat. Kegiatan ini dilanjutkan dengan solat ashar berjamaah yang diikuti oleh panitia dan seluruh peserta Festival Anak Sholeh (FAS). Setelah solat ashar, perlombaan dilanjutkan kembali khususnya lomba cerdas cermat.

Kegiatan ini selesai pada pukul 17.00 WIB disambung penutupan oleh ketua panitia, dilanjutkan dengan doa bersama, pembagian sertifikat peserta, dan foto bersama.

Lomba Tartil Qur'an

Lomba Tartil Qur’an

Lomba Adzan Subuh Serta Doa Setelah Adzan dan Iqomah

Lomba Adzan Subuh Serta Doa Setelah Adzan dan Iqomah

Lomba Kaligrafi

Lomba Kaligrafi

Lomba Cerdas Cermat

Lomba Cerdas Cermat

Pembagian Sertifikat Peserta

Pembagian Sertifikat Peserta

Panitia Pelaksana

Panitia Pelaksana